Meski Kalah, Chelsea Tetap di Puncak Klasemen

Chelsea harus menelan pil pahit kala bertandang ke White Hart Lane untuk melawan Tottenham Hotspur dalam lanjutan matchday 20 Liga Primer Inggris. Meskipun harus kalah dan tidak mendapatkan poin sama sekali. Tetapi The Blues masih kokoh berada di puncak klasemen dengan raihan 49 poin.

Chelsea
Chelsea harus takluk ditangan Tottenham Hotspur dalam lanjutan 20 Liga Inggris

Kekalahan melawan The Lilywhites pada hari Kamis dinihari lalu, memutus harapan Chelsea untuk menyamai rekor 14 kemenangan yang diperoleh oleh sang rival sekota, Arsenal. Tim asuhan Antonio Conte hanya menorehkan 13 kemenangan secara beruntun yang itu juga menyamai rekor The Gunners pada musim 2002.

Tak hanya memutus tren kemenangan saja, tetapi juga membuat jarak dengan Liverpool yang berada di peringkat dua menjadi terpangkas. Kini, selisihnya hanya menjadi lima poin saja dari sebelumnya enam angka. Padahal, kesempatan untuk memperbesar jarak terbuka lebar. Lantaran, di pekan yang sama, The Reds tak mampu meraih poin sempurna. Pasukan Jurgen Klopp hanya bermain imbang 2-2 saat bertandang ke markas Sunderland.

Sementara itu, kemenangan atas Chelsea membuat posisi Tottenham jauh meroket keatas. Dari sebelumnya berada di urutan kelima, kini posisinya bertengger di urutan ketiga dengan perolehan 42 poin. Angka tersebut menyamai poin yang diperoleh Manchester City yang berada di posisi keempat.

Arsenal yang bertandang melawan Bournemouth di pekan ke 20, harus puas berbagi angka. Beruntung, pasukan Meriam London terhindar dari kekalahan. Lantaran selama 60 menit laga berjalan, Olivier Giroud tertinggal tiga gol dan mampu bangkit dengan menyamakan skor berkat gol dari Alexis Sanchez, pemain baru mereka yang untuk pertama kalinya mencetak gol di kancah liga domestik Lucas Perez dan sang pahlawan Giroud.

Sedangkan, Manchester United yang sejauh ini telah mencatatkan lima kemenangan secara beruntun. Posisinya tidak mengalami perubahan. The Reds Devil masih tertahan di posisi keenam dengan 39 poin. Hanya berjarak tiga poin saja untuk merebut posisi ketiga.

Menurut Conte, Tottenham Pesaing Terberat

Manajer Chelsea, Antonio Conte menilai bahwa Tottenham Hotspur merupakan tim yang sangat kuat. Sehingga, mereka merupakan pesaing terberat kami dalam meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim ini.

Antonio Conte
Antonio Conte nyatakan bahwa Tottenham merupakan pesaing terberatnya dalam perburuan juara Liga Inggris

“Sebelum laga dimulai, kami tahu bahwa mereka (Tottenham) adalah tim yang kuat. Sehingga, mungkin saja kami akan menelan kekalahan. Dan kenyataan berkata demikian. Mereka bermain dengan baik dengan menciptakan gol di menit-menit akhir babak pertama. Babak kedua pun mereka mampu menggandakan keunggulan, dimana kami dalam momen yang terbaik (terus mengembur lini pertahanan lawan),”

“Tentu kami menyesal tidak dapat meneruskan rekor kemenangan kami. Tetapi, Tottenham merupakan tim yang kuat. Menurut saya, mereka akan menjadi pesaing terberat kami dalam perburuan gelar juara musim ini. Meskipun tim yang lain juga sama beratnya,”

“Di musim lalu, mereka juga mampu bersaing di bursa juara. Kini, tim kami masih berada di puncak klasemen. Tetapi selisih poin menjadi kecil. Jadi, kami akan terus berbenah dan bekerja keras. Liga ini adalah liga sulit,” tutup pelatih asal Italia.

Cahill: Kekalahan Ini Tak Mempengaruhi Mental Kami

Bek Chelsea, Gary Cahill mengungkapkan bahwa kekalahan 2-0 melawan Tottenham Hotspur pada hari Kamis dinihari lalu tidak akan mempengaruhi mental tim. Cahill mengakui bahwa dalam laga yang dihelat di White Hart Lane tersebut bahwa timnya tidak dalam performa terbaik. Meskipun terasa luar biasa dalam beberapa waktu terakhir.

Gary Cahill
Gary Cahill mengungkapkan bahwa kekalahan tak akan mempengaruhi mental tim

“Kami merasa kecewa dengan kekalahan ini dan tak mampu memecahkan rekor. Namun, hanya menelan satu kekalahan dari 14 pertandingan, kurasa itu pencapaian yang luar biasa,”

“Mungkin kami tidak dalam level terbaik pada laga itu. Sehingga beberapa umpan tidak sempurna. Tetapi, kekalahan ini tak akan dapat mempengaruhi mental kami yang sudah terbangun dengan kokoh,” ungkap bek berkebangsaan Inggris.